Ironman Indonesia dengan tangan robot

0
36

Nama I Wayan Sumardana alias Sutawan atau Tawan tengah menjadi sorotan netter. Pria asal Karangasem, Bali ini mengalami kelumpuhan sejak jatuh sakit sekitar enam bulan yang lalu. Namun, tak ingin menyerah begitu saja ia justru berhasil membuat tangan robot untuk dirinya sendiri.

Tawan hanyalah seorang tukang las biasa. Sehari-hari dia mengelas barang-barang rongsokan untuk dimanfaatkan kembali sesuai dengan pesanan pelanggannya. Ceritanya, enam bulan lalu, dia mendapatkan vonis dari dokter bahwa dirinya menderita stroke ringan, sehingga membuat tangan kirinya lumpuh. Kondisi setengah lumpuh ini sempat membuat dirinya stres dan tidak bisa bekerja. Padahal dia datang dari keluarga yang kurang mampu. Hal tersebut rupanya tidak membuatnya putus asa. Dia pun lantas mencari berbagai informasi di internet untuk membuat robot yang bisa membantu pergerakan motorik tangan kirinya

Tawan dibantu istrinya Ni Nengah Sudartini dan tiga anak lelakinya yang masih kecil-kecil. Karena kondisinya yang sakit, dia merancang sendiri robot untuk menggerakkan tangan kirinya. Dengan robot itu, dia bisa bekerja. Kalau tanpa robot EEG itu, dia tak bisa bekerja.

 

Sakit yang dialami Tawan sejak dirinya jatuh sakit sekitar enam bulan lalu. Dokter mengatakan, dia menderita stroke ringan, sehingga tangan kirinya lumpuh total. Dokter juga cukup heran, karena kadar kolesterol dan tekanan darahnya normal. Apalagi, dia masih muda dan juga berat badannya normal.tawantanganrobot3

Kondisi lumpuh sebelah, sempat membuat dia stres. Apalagi dia dari keluarga tak mampu. Istrinya tak bekerja, sementara anaknya masih kecil-kecil. Namun, dia berusaha bangkit. Berbekal pengetahuan elektronik. Dia mencari informasi di situs internet untuk merancang alat atau sejenis robot yang bisa membantu menggerakkan tangan kirinya.

Tawan merupakan tamatan STM Rekayasa Denpasar. Robot itu sebagian besar dirancangnya dari barang rongsokan. Ada komponen dari shock sepeda motor, ada juga dari perangkat elektronik komputer rongsokan.

tawantanganrobot-2

Akhirnya dia pun menciptakan tangan robot ini. Tangan robot ini sebagian besar dibuat dari barang-barang bekas bahkan ada juga yang dari rongsokan, mulai dari onderdil kendaraan bermotor hingga perangkat elektronik. Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya versi terakhir dari robot tersebut bisa membantu pergerakan tangan kirinya. “Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya,” ungkap Tawan seperti dikutip dari Balipost. “Tanpa alat ini saya sama sekali tak bisa bekerja menggunakan tangan kiri. Namun dengan bantuan ini, mengangkat beban berat juga bisa. Dengan alat ini, kekuatannya jauh lebih besar,” lanjutnya.

Semakin menakjubkan, karena tangan robot ini berjenis Electroencephalography (EEG) alias dikendalikan menggunakan pikiran. “Menggunakan robot ini, sinyal otak saya terkuras. Saya harus konsentrasi memikirkan atau fokus kepada benda apa yang mau diambil atau mengerjakan apa. Kalau tak fokus, saya kesulitan. Jadi perlu memfokuskan otak untuk memerintahkan robot,” lanjutnya. Tawan pun mampu mengangkat beban 10kg dengan mudah hanya menggunakan tangan robotnya itu!

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here